List Posting

Posted by : jeckyfernando Thursday, April 23, 2015


PCI (Peripheral Component Interconnect)

The power and speed of computer components has increased at a steady rate since desktop computers peed were first developed decades ago. Software makes create new advances in processor speed and hard drive capacity , while hardware makers rush to technologies to keep up with the demands of high-end-software.

PCI adalah singkatan dari Peripheral Component Interconnect atau dalam bahasa Indonesia disebut interkoneksi Komponen periferal yang didesain untuk menangani beberapa perangkat keras. Singkatnya PCI BUS adalah tempat slot kartu grafis atau yang sering dikenal dengan nama kartu VGA. Pada dasarnya ide dari PCI BUS sangatlah sederhana , untuk memungkinkan menghubungkan beberapa komponen untuk prosessor komputer. Beberapa komponen yang mungkin dihubungkan termasuk Hard disk, Memory , Sistem Suara , Sistem Video  dan sebagainya. Misalnya untuk melihat apa yang komputer anda lakukan , biasanya anda menggunakan CRT atau CLD Layar.
Kita membutuhkan software khusus untuk menampilkan semua itu di layar dengan tampilan yang bagus,  sehingga kita membutuhkan sebuah kartu grafis. Kartu grafis adalah sebuah papan sirkuit cetakk kecil yang dirancang untuk bersatu dengan BUS. Penghubung antara kartu grafis untuk prosessor menggunakan bus komputer sebagai jalur Komunikasi. PCI merupakan suatu bandwitch tertinggi dan terpopuler . Prosessor independent bus itu dapat berfungsi sebagai bus Mezzenine atau bus periferal . Standart bus PCI ini dikembangkan oleh konsorsium PCI special Interest group yang dibentuk oleh Intel Corporation dan beberapa perusahaan lainnya pada tahun 1992. Tujuan dibentuknya bus ini adalah untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang sebelumnya , hingga keluar versi terbarunya yaitu PCI Express.
Examples Of PCI BUS:
-Modem
-Network Card
-Sound Card
-Video Card

PCI History
Pci Bus asli IBM PC (sekitar tahun 1982) memiliki lebar 16 bit dan dapat dioperasikan pada 4,77 HHz. Secara resmi dikenal sebagai BUS ISA. Desain bus ini mampu melewati panjanga data kecepatan sampai  9 MBps atau lebih, cukup cepat bahkan untuk banyak aplikasi saat ini. PCI dirancang untuk mendukung bermacam-macam konfigurasi berbasis Mickroskopik. Pada perkembangannya , PCI diadopsi menjadi standar industri di bawah administrasi dari PCI Special Interest  Group , yang kemudian Defenisi dari PCI diperluas menjadi konektor standar antarmuka BUS/SLOT yang ekspansi. PCI mempunyai antarmuka sebesar 64 bit dan mengimplementasikan lebar jalur 32 bit bus data untuk Alamat (bila dibandingkann dengan ISA yang hanya 16 bit)
PCI mendukung mekanisme auto-configuration dimana setiap peranti PCI terdapat sekelompok segister konfigurasi yang memungkinkan identifikasi/pengenalan akan jenis piranti seperti SCSU , Video, Ethernet dan lainnya. PCI mendukung  pemakaian tegangan 5V dan 3,3V . Namun pin PCI local bus adalah independen., dapat digunakan pada berbagai mikroprosessor bukan hanya pada INTEL.
 Lebih dari 20 - 30 tahun yang lalu, prosesor yang bagitu lambat yang lambat dan sinkon pula dengan bus nya. Dimana bus nya berjalan sesuai dengan kecepatan proseso nya. Namun saat ini ,prosessor berjalan begitu cepat sehingga kebanyakan komputer memiliki dua atau lebih bus. Setiap bus mengkhususkan dir dalam jenis tertentu dalam lalu lintasnya.
Perkembangan PCI
1. Spesifikasi bus PCI pertama kali dirilis pada bulan Juni tahun 1992, sebagai PCI versi 1.0 . Perkebangan selanjutnya sangat lah pesat sebagaimana dibawah ini :
2. PCI 1.0 Juni merupakan spesifikasi asli PCI , yang memiliki lebar 32 -  64 bit.
3. PCI 2.0 April 1993 Spesifikasi ini mendefinisikan jenis konektor dan papan ekspansi
4. PCI 2.1 Juni 1995 Operasi 66 MHz diberlakukan . Peruabahan pada latency . Yiatu adanya fungsi Transaction Ordering
5.PCI 2.2 Januari 1999 Fitur manajement daya diberlakukan . Ada beberapa klasifikasi mekanika :
6.PCI -X 1. September 1999 Spesifikasi  PCI-X 133 MHz, sebagai tambahan versi PCI 2.28 . Mini-PCI November  1999 Spesifikasi  PCI 2.2 Motherboard dengan form factor yang kecil. ( Micro-ATX)



Thanks to :
http://naitania.blogspot.com/2010/10/pengertian-pci-peripheral-component.html
http://computer.howstuffworks.com/pci.htmcomputer.howstuffworks..com/pci.htmhttp://computer.howstuffworks.com/pci.htm
http://computerhope.com/jargon/p/pci.htm
https://ranzhapurka.wordpress.com




Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © PerluCepat - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -